Aktifitas Dakwah Di Bangku SMA

Fase sekolah di SMA adalah fase yang sangat penting karena ia merupakan masa-masa awal transisi antara baligh dan dewasa. Saat tersebut seorang pelajar mulai merasakan keberadaan dirinya dalam masyarakat dan tanggung jawabnya terhadap ummat. Aktivitas Amal Thullabi pada fase ini memiliki kekhususan dan urgensi tersendiri.
Urgensi Aktivitas Da’wah di SMA
1.      Lebih mudah membentuk pemikiran dan keyakinan karena umur pelajar yang cukup muda dan sedang berada pada fase transisi.
2.      Masa sekolah di SMA adalah masa yang sangat berkesan dan berpengaruh sepanjang hidup, maka ia adalah langkah-langkah pertama bagi seorang pelajar menuju terbentuknya kepemimpinan dan perasaan mulai berperan di masyarakat.
3.      Da’wah di SMA akan membantu dan sangat mempengaruhi aktivitas da’wah kampus, yaitu menyiapkan kader yang terlatih untuk amal thullabi di kampus.
4.      Lebih mudah menggali potensi dan kemampuan pelajar, mengembangkan bakat dan ketrampilannya, mendukung dan mengarahkannya untuk kebaikan masa depannya.
5.      Tersedianya cukup banyak waktu luang bagi seorang pelajar SMA untuk bergerak dan melakukan amal yang produktif sejak dini.
6.      Pengarahan potensi mereka di masa yang sensitif ini kepada amal yang produktif, pengembangan diri dan aktivitas membantu masyarakat, semua itu akan menjaga mereka dari kerusakan moral, obat-obat terlarang, dan lain-lain.
7.      Berkonsentrasi pada aktivitas da’wah di SMA menghasilkan generasi yang baik, cerdas, sadar dan produktif di kalangan pemuda untuk waktu yang cukup lama.
Sasaran Aktivitas Da’wah di SMA
Sasaran akdvitas da’wah di SMA tidak banyak berbeda dengan sasaran da’wah kampus. Tetapi kekhususan masa SMA membuat Amal Thullabi perlu memfokuskan diri pada sasaran-sasaran tertentu yang sangat penting :
1.      Memfokuskan pada pembinaan mental, akhlaq, sosial dan keilmuan. Karena pelajar sangat mudah diarahkan dan cepat terpengaruh.
2.      Menanamkan jiwa cinta tanah air dan membelanya, intima’ (keberpihakan) terhadap ummat, bangga dengan nilai-nilai luhurnya dan selalu menjaga maslahatnya.
3.      Mengarahkannya kepada sesuatu yang dapat membantu masa depannya. Setiap orang diarahkan sesuai potensi dan kemampuannya kemudian mengembangkan keahliannya dan mengambil manfaat darinya.
4.      Memperhatikan para siswi dan aktivitas da’wah terhadap mereka, karena hal ini berarti menyiapkan generasi sholih yang lengkap dan produktif.
5.      Menghubungkan pelajar dengan lingkungan dan masyarakatnya dan membiasakannya beramal untuk masyarakat.
6.      Menghubungkan pelajar dengan permasalahan ummat, bersedia membelanya dan hidup untuknya.
Sarana-sarana Da’wah di SMA
1.      Guru. Harus ada perhatian yang besar terhadapnya melalui program-program terencana untuk mengarahkan dan mengembangkan kemampuannya, karena pengaruh guru di SMA sangat besar terhadap pendidikan murid lewat hubungan kejiwaan dan keilmuan antara guru dengan murid.
2.      Pembentukan kelompok kegiatan ekstra kurikuler di bawah pengarahan guru-guru yang terlatih dalam amal thullabi, seperti : jurnalistik, siaran radio, lintas alam, pencinta alam, dan lain-lain.
3.      Mencari bakat dan kemampuan serta menegembangkannya melalui musabaqah dan kegiatan-kegiatan seperti : majalah, buletin, majalah dinding, dan lain-lain.
4.      Memperhatikan acara-acara rihlah, perkemahan musim panas dan pemanfaatannya.
5.      Memperhatikan pelajar yang cerdas dan berprestasi di berbagai bidang, mengembangkan dan mengarahkan potensi mereka.
6.      Mengadakan pertemuan berkala dengan para wali murid dan membina hubungan yang erat antara rumah dengan sekolah.
7.      Memperhatikan masa pertumbuhan fisik dan emosional mereka terutama menyangkut masalah-masalah tertentu, seperti: seks, kecenderungan perasaan, peran dalam hidup, keberpihakan, kepribadian, dan lain-lain.
8.      Memastikan dan menguatkan hubungan yang terus menerus antara Aktivis Da’wah Sekolah (ADS) dan Aktivis Da’wah Kampus (ADK), untuk dapat saling melengkapi dan mengarahkan sehingga buah yang dipetik dan produktivitas amal akan lebih banyak. dilansir Dari Hasan Albana.com

Share this post :

Posting Komentar

Admin

 
Sekretariat : Forum Rohis Sekadau | FORKAS | Jalan Merdeka Timur Km 4 Sekadau Kalbar
Copyright © 2013. Forum Rohis Kabupaten Sekadau - All Rights Reserved
Template di edit oleh Logita Anugraha di publikasikan Oleh Forum Rohis Sekadau
didukung Oleh Blogger