Salam Dalam Islam

Suku aus dan kharazraj yang sama-sama tinggal di yastrib (sekarang madinah) selama puluhan tahun menjalin hubungan yang bermodalkan perseteruan. Suatu komplik terjadi. Salah seorang pemimpin kharaj yang bernama Sa’ad bin Zurarah pergi kemekah menemui sahabat lama, utbah bin rabiyyah, untuk meminta bantuan. Namun, sang sahabat memiliki problem sendiri kami tak dapat memenuhi permintaan anda, sedang saat ini kami sedang dilanda gelisah dan diliputi rasa gundah. Seseorang lelaki sudah bangkit dari lingkungan kami sendiri telah mengaku sebagai Nabi. Ia menghina dewa-dewa kami, menyebut para leluhur kami tolol karena menyembah berhala dan batu. Dengan kata-katanya yang manis orang bernama muhammad ini berhasil mempengaruhi generasi muda kami.”
Kenyataan dukungan dari sahabat tak dapat diwujudkan, Sa’ad akhirnya pamit pulang, namun akan mampir dulu ke masjidil haram. Mengetahui akan i’tikat As’at yang ingin ke ka’bah. Utbah langsung berpesan agar As;at tidak mendengarkan kata-kata sihir Muhammad. Utbah khawtir As’at akan terpengaruh oleh ajaram muhammad, Sa’ad mengikuti nasehat sang sahabat oleh karenanya dia tawaf dengan telinga disumpal kapas maksudnya agar dikupingnya tidak mapir ucapan sihir muhammad. Kuping Sa’ad memang sudah disumbat, tapi mata tetap melihat. Ketika menatap manusia agung yang kharismatik bernama muhammad kontak muncul maksud untuk menghampiri orang yang menyebut dirinya Nabi tersebut.
Akhirnya sumpalan kapas dilepas dan langkahnya diayunkan kearah muhammad SAW ia memberi hormat sambil mengucapkan An’am Sohaban” yang dalam terminologi kita berarti selamat pagi atau dengan bahasa arab kekinian “ Shobahal Khair” ucapan salam tadi memang kebiasaan kau jahiliyah.
Nabi muhammad SAW segera mengoreksi, seraya berkata bahwa Allah Ta’ala telah menetapakan bentuk penghormatan yang lebih baikberupa Assalamualaikum, semoga keselamatan terlimpahkan atas dirimu” berikut Nabi terlihat asyik menjelaskan ajaran agama Islam, dan Sa’ad  tampak serius mendengarkan risalah Islam.
Pelajaran yang diambil dari cerita diatas
Bahwasanya Ucapan  Asslamualaikum Warhmatullahi Wabarakatuhu mencakup semua ucapan- Ucapan seperti selamat pagi,siang,sore, inggrisnya Good Morning,Evening dan sebagainya... jadi dari sekarang biasakanlah mengucapkan Salam Ala Islam.
By : Logita Anugraha

Disadur dari Buku Kisah dah Hikayat 
Share this post :

Posting Komentar

Admin

 
Sekretariat : Forum Rohis Sekadau | FORKAS | Jalan Merdeka Timur Km 4 Sekadau Kalbar
Copyright © 2013. Forum Rohis Kabupaten Sekadau - All Rights Reserved
Template di edit oleh Logita Anugraha di publikasikan Oleh Forum Rohis Sekadau
didukung Oleh Blogger