Isra Wal Mi'raj ( Hikamah Isra Wal Mi'raj )

Assalamualaikum jumpa lagi sahabat forum rohis sekadau, kali ini , ane akan posting sedikit tentang Isra’ Mi’raj Nabi kita Muhammad SAW, teman rohis pasti udah pada tau ya Isra Mi’raj itu, nak kebetulan besok  udah masuk tuch tanggal 27 Rajab  jadi pada tanggal tersebut terjadinya Isra dam mi’rajnya Nabi Muhammad SAW, jadi begini teman-teman  kalau masalah sirahnya itu banyak perbedaan kalangan ulama yang terpenting dari peristiwa ini apa saja hikmah yang perlu kita petik:
Ane menukil dari berbagai sumber bahwasanya Hikmah isra Mi’raj itu ada lima bagian:
Pertama : Kontek situasi terjadinya
Jadi terjadinya isra mi’raj ini dikala nabi Muhammad  lagi sedang gundah gulana alias hilang pegangan untuk  berpangku nabi Muhammad kehilangan kedua orang yang sangat di cintainya yakni istri dan pamannya telah meninggal dunia disaat itulah Nabi Muhammad diberi Motivasi dan dorongan oleh Allah melalui Malaikat jibril As, belum lagi menghadapi tantangan kaum Quraisy saat itu.
Kedua: Pensucian hati
Yakni sebelum melakukan Isra’ wal mi’raj Nabi kita dibersihkan dulu hati oleh Malaikat, hal ini bukan karena Nabi Muhammad banyak dosa, Nabi Muhammad Seorang yang ma’sum, akan tetapi manespestasi pelajaran untuk umat ini apabila melakukan sesuatu hendaknya menyucikan hati terlebih dahulu.
Ketiga: memilih Susu menolak Khamar
Pada saat ditawari susu dan khamar oleh malaikat jibril As nabi mUhammad dengan sigap menangkap susu, dikarenakan susu minuman sehat dan penuh manfaat, ketimbang memilih khamar minuman yang bisa menghinakan manusia itu sendiri. Pelajaran yang diambil ialah bahwsanya manusia ketika hidup dinuia sering disamarkan dengan pilihan-pilihan yang bisa membuat manusia terperangkap dalam fitrah Insaniyah kita, lebih memilih kesenangan yang sementara ketimbang yang abadi.
Keempat: imam pada sholat berjamaah, dimana pada saat peristiwa Isra dan Mi’raj nabi Muhammad menjadi Imam sholat para anbiya terdahulu, kalau dilihat kenapa para anbiya , mempersilakan nabi muahammad, menjadi imam, diakrenakan para anbiya, menyadari bahwasanya nabi Muhammad punya kelebihan ketimbang mereka untuk memimpin, pelajaranya, saat sekarang umat Muhammad sedikit sekali memiliki jiwa pemimpin, padahal kita harus mengikuti nabi kita mennjadi seorang pemimpin. Seharusnya umat Islam harus menjadi pemimpin umat lain. Tapi kepemimpinan umat islam saat ini terbalik bukan menjadi pemimpin sholat berjamah malah menjadi pemimpin dalam hal yang negatif.
Kelima: Kembali kebumi dengan sholat
Perjalanan yang penuh hikmah sudah berlalu, rasulullah sadar bahwa kenikmatan menemui sang khalik sangan berkesan, akan tetapi ada tugas yang sangat penting lagi yaknimemimbing Umat yang ada di permukaan bumi.
Sekian dulu ya akhi ukhti makalah kita kali ini  mudah-mudahan kita semua bisa mengambil pelajarannya. Wallahua’lam bissawab.
Ada artikel Silakan kirim Ke email Ini : forumrohissekadau@gmail.com.Sekian

By Logita Anugraha
Share this post :

Posting Komentar

Admin

 
Sekretariat : Forum Rohis Sekadau | FORKAS | Jalan Merdeka Timur Km 4 Sekadau Kalbar
Copyright © 2013. Forum Rohis Kabupaten Sekadau - All Rights Reserved
Template di edit oleh Logita Anugraha di publikasikan Oleh Forum Rohis Sekadau
didukung Oleh Blogger